Memilih Dan Mengolah Keyword Yang Tepat

      Sebelum Anda melakukan optimalisasi, terlebih dahulu Anda harus menentukan keyword yang ingin digunakan untuk menjaring pengunjung dari search engine. Pemilihan keyword ini sangat penting karena meski website Anda yang nantinya bisa masuk keurutan 1 sampai dengan 20, namun jika keyword yang dibidik tidak sesuai dengan isi dari website, maka mustahil Anda dapat meningkatkan penjualan.

     Oleh karena itu, Anda harus memilih keyword yang tepat agar hasil yang Anda peroleh dapat optimal dalam mensukseskan promosi situs web Anda di search engine. Di dalam artikel ini, kita tidak akan melakukan riset dengan menggunakan tool atau perhitungan macam-macam. Kita akan menggunakan cara termudah dan instan tanpa harus dipusingkan oleh tool dan perhitungan yang berbeli-belit. Yang terpenting Anda dapat mengerti perbedaan Keyword Targetted dan Keyword Umum.

      Untuk Menentukan keyword yang tepat ada 2 jenis keyword yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan pilihan keyword mana yang sesuai dengan situs web Anda, yaitu Keyword Targetted dan Keyword Umum.

     Apa itu keyword Targetted ? Adalah, keyword khusus yang spesifik dengan isi dari website Anda. Contoh, Anda menerima jasa service komputer dan rakit komputer, maka Anda bisa menggunakan keyword seperti : Service Komputer, Rakit Komputer, Upgrade Komputer, dan lain sebagainya. Kemudian Anda perlu menentukan target pasar Anda siapa atau ada dimana. Misalnya, target pasar Anda hanya ada dikota Jakarta atau Bandung atau daerah mana saja yang Anda tuju, maka pastikan Anda menyisipkan nam kota tersebut. Contoh penggunaan keyword spesifik untuk kasus di atas : Service Komputer Jakarta, Rakit Komputer Jakarta, Upgrade Komputer Jakarta dan lain sebagainya. Bisa juga Anda memvariasikan dengan kata-kata murah, berkualitas, terpercaya disalah satu rangkaian keyword yang Anda gunakan tersebut untuk memberikan kesan spesifik. Sehingga, search engine dapat menempatkan pada posisi yang bagus ketika ada user mencari lewat search engine.

     Keyword targetted ini penting untuk menyeleksi pengunjung yang memang benar-benar membutuhkan jasa layanan Anda, namun lihat juga kebutuhan Anda. Jadi tidak ada patokan harus menggunakan keyword spesifik 100%, Anda bisa memvariasikannya dengan keyword umum. Contoh keyword umum dan keyword targetted : Service Komputer Murah, Rakit Komputer di Jakarta, Upgrade Komputer Berkualitas dan Murah. Sementara, keyword umum adalah keyword yang mengandung pengertian umum. Contoh : Rakit Komputer, Service Komputer, Upgrade, Beli Komputer, Komputer, Cari Komputer, dan lain sebagainya. Anda harus jeli memilih keyword mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dan, jika perlu Anda dapat membuat variasi-variasi sehingga optimalisasi yang sedang Anda bangun dapat benar-benar mendatangkan hasil yang optimal untuk website Anda.

     Saran dari saya, gunakan keyword tergetted karena itu lebih menguntungkan, dan jika Anda ingin memvariasikannya dengan keyword umum usahakan tambahkan kata-kata murah pada keyword umum tersebut. Hal ini dapat membantu penempatan posisi website Anda di search engine. Contoh : Service Komputer Murah, Service Komputer di Jakarta.

Hasil Pencarian Spesifik " Service Komputer Jakarta " target pengunjung yang ingin diraih jelas targetted yaitu dari kota Jakarta saja


     Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, dengan searching keyword-keyword tersebut di Google. Riset ini diperlukan untuk melihat siapa saja kompetitor Anda yang sudah mendapatkan urutan bagus di Google. Perhatikan apakah daftar dari hasil pencarian tersebut semuanya ( dalam urutan 1 hingga 20 ) adalah merupakan website atau posting-an iklan atau posting-an dari sebuah forum. Jika lebih banyak jumlah posting-an iklan atau posting-an di sebuah forum maka kesempatan untuk masuk pada urutan bagus dengan menggunakan keyword tersebut lebih terbuka lebar jika dibandingkan yang lebih banyak website-nya.

     Anda harus melakukan riset tersebut dengan menggunakan banyak variasi keyword sehingga Anda dapat memiliki gambaran dan dapat menentukan keyword mana yang tepat untuk website Anda tersebut. Anda harus menentukan tiga keyword utama yang ingin Anda gunkan untuk menjaring pengunjung ke website Anda. Contoh : Service Komputer Murah, Rakit Komputer Murah, Bikin Komputer Murah . Langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas urutan ketiga keyword tersebut.

     Setelah Anda mengetahui gambaran tiga keyword utama apa saja yang ingin Anda gunakan, kemudian adalah menentukan prioritas keyword tersebut. Anda harus dapat menentukan keyword mana yang lebih penting  atau keyword mana yang lebih utama. Misalnya Anda bergerak dibidang Perakitan Komputer, Anda sudah memiliki tiga buah keyword yaitu : Rakit Komputer Murah,  Service Komputer Murah, Ugrade Komputer Murah. Tugas Anda selanjutnya adalah membuat prioritas keyword mana yang ingin didahulukan. Kalau saya akan memilih : Rakit Komputer Murah, Bikin Komputer Murah, dan terakhir Service Komputer Murah. Karena menurut asumsi saya keyword " Rakit Komputer Murah " akan lebih banyak di cari dibandingkan dua keyword lainnya.


     Sebenarnya, pemilihan ini juga lebih banyak melibatkan intuisi, Anda harus dapat menggunakan intuisi Anda sebagai Internet Marketing, lambat laun jika Anda sering melakukan optimalisasi maka intuisi Anda akan terasah dengan sendirinya. Untuk itu, yang terpenting adalah jam terbang dan untuk mendapatkan jam terbang yang tinggi, Anda harus lebih sering lagi bereksperimen dan praktek kerja nyata. Jadi, janganlah terlalu tergantung pada tool, karena banyak hal yang tidak bisa diberikan oleh tool. Seringkali, justru intuisi memberikan hasil terbaik.




0 comments